SUGENG RAWUH>>>Jangan Pernah Mengatakan "Aku Tidak Bisa " tapi Katakanlah " Aku Belum Bisa "

Kamis, 20 Juni 2013

Trik Memberi Warna Cell atau Font Secara Otomatis pada Ms.Excel


Alhamdulillah, Insya Allah tutorial kali ini kita akan membahas tentang salah satu fasilitas pada Ms. Excel  mengenai Condition Formatting.
Kita sering melihat menu Condition Formating pada Microsoft Excel. Tapi kebanyak dari kita tidak tahu apa fungsi sebenarnya dari fitur menu tersebut. Mungkin Anda korban salah satunya!!! :-)
Baik, langsung aja ke pokok permasalah. 
Fitur Condition Formatting sengaja diciptakan oleh si empunya Microsoft Office hanya untuk membantu kita mempermudah menemukan sesuatu baik itu text atau nilai yang kita anggap penting. Penting yang bagaimana???

Misalnya kita ingin memberi tanda atau warna secara otomatis pada cell tertentu yang nilainya rendah, tinggi, atau tulisan tertentu yang menurut kita mudah untuk melacaknya tanpa repot memperhatikan nilai/text dari keseluruhannya. Kita bisa menyettingnya semau kita untuk memberi warna yang kita inginkan karena terdapat berbagai bentuk template yang disediakan.
Berikut saya akan memberi sebuah contoh sederhana kasus Conditional Formatting. Kita akan memberi warna khusus berwarna hijau apabila Nilai Akhir adalah “Lulus” dan sebaliknya berwarna merah jika Nilai Akhirnya adalah “gagal”. 
Berikut langkah-langkahnya :
  1. Blok seluruh nilai akhir (H3:H28).
  2. Pada menu Home >> Conditional Formatting >> Highlight Cell Rules >> Text That Contains

  3. Ketik “gagal” (tanpa tanda kutip) dan pilih with “Light Red Fill with Dark Red Text” untuk memberi warna pada yang mengandung kata “gagal”.
Sejauh ini anda telah berhasil memberi warna pada setiap kata gagal.

Selanjutnya ulangi lagi seperti langkah 1.

Ketik “lulus” (tanpa tanda kutip) dan pilih with “Green Fill Dark Green Text” untuk memberi warna pada yang mengandung kata “lulus”.
Bagaimana hasilnya??? Berhasilkan !!! Kami sangat senang kalau anda berhasil mempraktekkannya. Sekian dulu tutorial kita kali ini. Bagi anda yang belum berhasil jangan pernah segan berkomentar, Insya Allah kami akan berusaha membantu menyelesaikan masalah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar