SUGENG RAWUH>>>Jangan Pernah Mengatakan "Aku Tidak Bisa " tapi Katakanlah " Aku Belum Bisa "

Selasa, 14 Mei 2013

CARA MEMBUAT COMBO BOX DI MICROSOFT EXCEL 2007




Sebenarnya combo box merupakan sebuah list yang tergulung.hehee bukan timpan balone yah... karena aku seorag pemula, jd rasanya perlu diabadikan di sini… 


Misalkan terdapat list dengan nama Rifa ke-1, Rifa ke-2, Rifa ke-3, List dst..., maka pada combo box akan terlihat seperti berikut ini:





Nah gimana cara membuatnya…? 


Aku mau berbagi sedikit pengalaman ku saat membuat combo box... wakttu itu aku mau buat daftar hadir praktikum, ak dikasih file yang isinya jadwal praktikum di dalamnya ada combo box.. L 


Ko bias bikin kaya gini yah???? Heeheee maklum newbie... 


Gini nih cara buatnya: 


1. Buka Tabel di ms. Excel 2007 yang akan di combo box. 




2. Buat tabel bantuan, untuk mengisi list pada combo box yang akan kita buat. Kemudian arahkan kursor pada kolom yang akan diisi combo box. 




3. Pilih menu Data kemudian klik icon Data Validation 




4. Kemudian akan muncul dialogbox data validation dengan 3 tab yaitu settings, input message, error alert. seperti berikut: 




Pada pilihan source isi dengan $ColAwal$RowAwal:$ColAkhir$RowAkhir 


5. Pada tab input message isi dengan, title “terima kasih” dalam input message isi dengan “data valid




6. Pada tab error alert isi dengan, title “Information” dalam Error message isi dengan “Data yang dimasukan tidak terdapat pada pilihan” 




7. Klik OK, Nahhh udah jadi combo box nya… 




Semoga  Bermanfaat

4 komentar:

  1. tks infonya, sy terbantu sekali...

    BalasHapus
  2. KALAU saya mau data combonya begitu di ketikan satu huruf atau kalimat langsung muncul semua data yang serupa bagaimana ya caranya

    BalasHapus
  3. hatur nuhun info nya, sangat bermanfaat....

    BalasHapus